...Rumah Asri...

Awali senyummu seindah surya pagi… Langkahkan kakimu selurus iman di hati… Sertakan basmallah dalam permulaan kegiatan diri… Semoga Allah SWT selalu melindungi… ^_^

Foto Hitam dan Putih #Radiologi

Foto rontgen patah tulang sehingga harus dipasang 'pen' untuk menyambungkan bagian tulang yang patah. Terlihat pen yang masih dipasang pada pasien dan sudah mulai timbul kalus sbg tanda pembentukan tulang baru dan mulai tersambungnya bagian tulang yg patah.

Berikut ada skema mengenai tahap-tahap pembentukan kalus:



KAPAN DILAKUKAN FOTO X-RAY nya???
1. Pada saat fraktur, untuk mengetahui dimana?, dan jenis frakturnya seperti apa, untuk memudahkan dokter melakukan tindakan.
2. Pada saat setelah dipasang pen (reposisi), biasanya dilakukan 1 bulan kemudian
3. Pada bulan ke-3 setelah pemsangan pen, untuk melihat adanya perbaikan yaitu tumbuhnya tulang baru

....
Ngeri juga ya... menurut teman saya yang melihat foto x-ray di atas, katanya 'ngilu' ngeliat gambar ini...
hmm....ya sama saya pun begitu, apalagi klo boleh cerita, saya pun sempat melihat pada saat dilakukan pemasangan pen di ruang operasi, Ya Allah... kondisi patah tulang yang berantakan, darah dimana-mana, sang dr.SpOT pun mulai memasang pen dengan melakukan penyayatan, pengeboran pada bagian tulang, dan sempat ada yg diketuk2,...Waaaaaaa....ampuun ngilu ya..

Jadi, tetaplah waspada dan berhati-hatilah ya... terutama pada sahabat2 yang membawa kendaraan bermotor (termasuk saya) :)

4 komentar:

aku patah tuLang,
www.facebook.com/rerusgulakawung

 

hi asri, kk baru tahu tulang yang patah bisa nyambung lagi. mm mau tanya ya dokter asri :). tahu citapen kan ?.. teman sy patah tulang iga, tapi cuman diurut aja disana tanpa ada operasi. pertanyaan nya, apakah tulang iga teman sy bisa normal kembali? kalo bisa, berapa lama proses penyembuhan nya ?

 

Iya, citapen sy tau..
Tulang patah itu pertama bisa diketahui dr tanda2nya dan pemeriksaan foto thorax, patah tulang itu bisa menyambung lg, tapi klo hny diurut hasilny akan mungkin bengkok/tidak lurus kembali, tetapi klo dilakukan operasi akan dipasang fiksator pd tulang yg patah yg hasilnya tulang tumbuh lurus seperti semula, kurang lebih tulang tumbuh kembali dlm waktu 6bulan, selama 6bulan klo di RS dilakukan follow up pd tulang yg direposisi,. Semoga bisa membantu..